Materi
Singkat
Sebelum anda membuat
sebuah program, anda harus membuat langkah-langkah pemrograman terlebih dahulu.
Hal ini penting karena di sinilah anda akan menuangkan algoritma-algoritma dari
suatu penyelesaian masalah.
Namun, sering saya
lihat bahwa teman-teman terkadang menganggap langkah-langkah pemrograman ini
tidak penting. Sehingga tidak sedikit yang langsung menuju langkah terakhir
ketika menyelesaikan masalah. Padahal, langkah-langkah ini akan membuat jelas
tentang tujuan akhir dari sebuah program, perumusan apa saja yang akan
digunakan, serta bagaiman cara berpikir mesin komputer dalam menyelesaikan
problem yang akan kita selesaikan.
Langkah-langkah
Pemrograman ada 5 macam:
- Merumuskan “Problem Statement”
- Rumus Matematika yang akan digunakan.
- Pola pikir (Algoritma)
- Membuat Flowchart
- Membuat code pemrograman dari algoritma yang telah kita buat.
Cara menyusun
Langkah-langkah Pemrograman.
1.
Merumuskan “Problem Statement”
Problem
Statement adalah sebuah kalimat yang mendeskripsikan masalah yang akan kita
selesaikan.
Bedakan
antara problem statement dengan definisi masalah. Problem statement hanya
sebuah kalimat yang dibuat sesederhana mungkin namun mewakili apa yang akan
kita selesaikan. Sementara dalam definisi masalah, masalah didefinisikan dalam
3 komponen : masalah, input, dan output.
Contoh:
Menghitung nilai akhir siswa, Menghitung nilai sinus dari suatu sudut, dll.
2.
Rumus Matematika (Mathematic equation)
Tuliskan
semua rumus matematika yang akan digunakan dalam penyelesaian suatu masalah.
3.
Pola Pikir (Algoritma)
Pada
dasarnya Algoritma adalah bagaimana anda membahasakan sebuah mesin computer. Algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu
masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal
hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk
setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum
menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi
awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik.
Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi)
atau memerlukan keputusan (logika Boolean
dan perbandingan) sampai tugasnya
selesai.
4.
Flowchart
Adalah
diagaram alir dari sebuah pola pikir yang menggunakan lambang-lambang tertentu.
5.
Code Program
Pelajari
SoftBook A Byte of Python tentang penggunaan bahasa pemrograman Python.
Contoh
Problem:
Buat program untuk menghitung
Nilai Akhir Siswa sebagai berikut :
Data Masukan adalah : namasiswa, Quiz, UTS, UAS
Jika nama =
‘x’ artinya proses
berakhir
Perhitungan Nilai Akhir (NA) = (Quiz + UTS + UAS) /
3
Kriteria Keterangan sebagai berikut :
- NA<55 span="span" style="mso-tab-count: 2;"> : “Tidak Lulus”
- 55
<= NA< 60 :
“D”
- 60
<= NA< 70 :
“C”
- 70
<= NA< 80 :
“B”
- NA >=
80 : “A”
Saat proses
berakhir print jumlah siswa
Hasil
eksekusi program sbb :
PROGRAM KELULUSAN
SISWA
NamaSiswa= Ali
Nilai quiz= 40
Nilai UTS= 50
Nilai UAS =
60
Ali 50
Tidak Lulus
NamaSiswa= Badu
Nilai quiz =
60
Nilai UTS =
60
Nilai UAS =
60
Badu 60
C
NamaSiswa= Cecep
Nilai quiz =
80
Nilai UTS =
80
Nilai UAS =
80
Cecep 80
A
Nama Siswa = x
JumlahSiswa = 3
Penyelesaian:
1. Problem Statement
“Menghitung
Nilai Akhir Siswa”
It
is just a statement no more.
2. Rumus Matematika
Perhitungan Nilai Akhir (NA) =
(Quiz + UTS + UAS) / 3
3. Pola Pikir
1. Print
Judul
2. Misalkan
Total Nilai A=0
Total nilai B= 0
Total nilai C= 0
Total nilai D= 0
Total Tidak lulus= 0
3. Nyatakan
bahwa kondisi = y
4. Ketika
kondisi sama dengan y
a. Input
nama siswa
b. Jika
nama siswa sama dengan “x”:
Jika Ya: penghitungan selesai langsung
ke 5
Jika Tidak maka ke langkah c.
c. Input
Nilai QUIS, UTS, dan UAS
d. Menghitung
nilai akhir
e. Jika
Nilai akhir kurang dari 55:
1) Ya
:
a) Keterangan
adalah “Tidak Lulus”
b) Cetak
(nama, nilai akhir, dan keterangan)
c) Total
Tidak Lulus bertambah satu orang
2) Tidak:
Ke langkah f
f.
Jika nilai akhir antara 55 hingga 60
1) Ya
:
a) Keterangan
adalah “D”
b) Cetak
(nama, nilai akhir, dan keterangan)
c) Total
Nilai D bertambah satu orang
2) Tidak:
Ke langkah g
g. Jika
Nilai akhir antara 60 hingga 70
1) Ya
:
a) Keterangan
adalah “C”
b) Cetak
(nama, nilai akhir, dan keterangan)
c) Total
Nilai C bertambah satu orang
2) Tidak:
Ke langkah h
h. Jika
nilai akhir antara 70 hingga 80
1) Ya
:
a) Keterangan
adalah “B”
b) Cetak
(nama, nilai akhir, dan keterangan)
c) Total
Nilai B bertambah satu orang
2) Tidak:
Ke langkah i
i.
Lainnya
1) Maka
keterangan adalah “A”
2) Cetak
(Nama, Nilai akhir, Keterangan)
3) Total
nilai A bertambah satu orang
5. Menyatakan
bahwa Jumlah Siswa adalah jumlah dari total nilai A+ total nilai B+ total nilai
C + total nilai D+ Tidak Lulus
6. Cetak Jumlah Siswa
7. Selesai
4. Flowchart
Would
you like to draw it for me?
5. Python Code
Do
exercise!
Exercise
1.
Buat Flowchart dari pola pikir yang
sudah diuraikan di atas.
2.
Buat kode python-nya berdasarkan pola
pikir dan flowchart.
Hint
Gunakan fungsi while
dan if dalam kode python-nya.
Boleh menggunakan
fungsi break.
“Fungsi
Break adalah fungsi untuk meng-cut program dibawahnya”.
Jika fungsi break itu terletak di dalam fungsi while, maka jika setelah program
berjalan dan memenuhi kondisi tertentu yang mana itu merupakan syarat untuk
terjadinya break maka program di bawah break tidak akan dieksekusi melainkan
akan keluar dari fungsi while dan menuju eksekusi code di luar dan di bawah
while.
No comments:
Write comments